Wabub Barito Utara Hadiri Musrenbang Kecamatan Gunung Purei

MUARA TEWEH – 16 Musrembang di kecamatan Gunung Purei dilaksanakan secara online dengan konsep menjaga jarak aman dengan melaksanakan seluruh protokol kesehatan yang telah ditentukan,16/02/2021.

Dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran APBD kabupaten barito utara sudah harus berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah. ketentuan ini sudah kita laksanakan dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2021, demikian juga untuk tahun anggaran 2022 dan tahun seterusnya.

Dalam pelaksanaan musrenbang tahun 2021 harus melaksanakan ketentuan permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) dimana seluruh proses perencanaan pembangunan untuk tahun 2022 telah harus menggunakan aplikasi sipd kemendagri sehingga semua aspirasi atau usulan prioritas yang disampaikan pada acara hari ini harus di input pada aplikasi, yang nantinya akan melalui beberapa tahapan perencanaan pada aplikasi dan menjadi bahan masukan bagi seluruh perangkat daerah dalam menyusun rancangan rencana kerja tahun 2022 yang menjadi bahan dasar penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022 hingga penyusunan apbd kabupaten barito utara tahun anggaran 2022.

Dalam sambutannya wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra menyampaikan musrenbang tingkat kecamatan,dilaksanakan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Tujuan musrenbang kecamatan adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan pada tahun 2022 yang akan datang.(Rijani)