Penyusunan Rencana Bisnis KPH, Di Wilayah Kerja UPT. KPHP Barito Tengah Unit VI dan VIII

Penyusunan Rencana Bisnis KPH, Di Wilayah Kerja UPT. KPHP Barito Tengah Unit VI dan VIII

Muara Teweh, suara Kalteng.com – Dalam rangka Penyusunan Rencana Bisnis KPH. KPHP Unit VI dan VIII Barito Tengah mengundang 30 warga perwakilan dari 14 Desa untuk turut serta dalam menyusun program pengelolaan Hutan dalam wilayah kelola UPT. KPHP, unit VI dan VIII Barito Tengah Kabupaten Barito Utara provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021. Pada hari Kamis,

Muara Teweh, suara Kalteng.com – Dalam rangka Penyusunan Rencana Bisnis KPH. KPHP Unit VI dan VIII Barito Tengah mengundang 30 warga perwakilan dari 14 Desa untuk turut serta dalam menyusun program pengelolaan Hutan dalam wilayah kelola UPT. KPHP, unit VI dan VIII Barito Tengah Kabupaten Barito Utara provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021. Pada hari Kamis, 08/07/2021.

UPT KPHP Barito Tengah berharap agar peserta yang diundang membuat perencanaan usahanya masing-masing kedepannya. Agar ini bisa diakomodir oleh UPT KPHP Barito Tengah. Dan tidak hanya pengelolaan tentang Hutan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Kantor BAPPEDA LITBANG Kabupaten Barito Utara tersebut dihadiri Praktisi Pelaku Usaha, H. Jawawi, S.Hut, MP. Kepala UPT. KPHP Barito Tengah, Bahruddinsyah, S.Hut, MP. Serta 30 peserta yang mewakili Desa Kandui, Desa Hajak, Desa Pendreh, Desa Bintang Ninggi I, Desa Bintang Ninggi II, Desa Mampuak ll, Desa Sampirang I, Desa Rimba Sari, Desa Batu Raya I, Desa Batu Raya II, Desa Lemo I, Desa Datai Nirui, serta Desa Sabuh.

Dalam kegiatan ini H. Jawawi, S.Hut. MP memaparkan bahwa kegiatan adalah kesempatan dan peluang kepada masyarakat yang ada di desa karena UPT KPHP unit VI dan VIII Barito Tengah pada hari ini telah menyampaikan beberapa materi yang sifatnya menyejahterakan masyarakat.

pertemuan yang dihadiri oleh 30 warga perwakilan dari masyarakat 14 Desa, Kabupaten Barito Utara ini bertujuan untuk menyusun rancangan bisnis untuk Desa yang benar – benar memiliki potensi wilayah yang bisa dikelola,” Tambah H. Jawawi, S.Hut. MP.

Dalam kegiatan tersebut, hal yang senada disampaikan oleh Kepala UPT. KPHP Barito Tengah, bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai tidak lanjut penyusunan rencana bisnis KPH dalam menjalankan program pengelolaan Hutan dalam wilayah kelola UPT KPHP Unit VI dan VIII Barito Tengah bersama Kelompok Tani, kelompok Tani Hutan, BUMDES, MPA, Pemerintah Desa, dan para Praktisi Pelaku bisnis.

” Kegiatan Penyusunan rencana Bisnis untuk masyarakat, pelaku bisnis, kelompok Tani, Bumbes, untuk bertukar pengalaman terkait kiat-kiat bagaimana untuk mengembangkan potensi wilayah khususnya di Pedesaan. Supaya teewujud menjadi sebuah peluang usaha, supaya bisa mengembangkan perekonomian masyarakat,” papar kepala UPT KPHP Barito Tengah.

“Penyusunan langkah bisnis ini merupakan langkah awal dari pada rangkaian – rangkaian kegiatan,yang nantinya secara sistematik akan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan berikutnya,” ucap Bahruddinsyah.

“Karena memang dalam perencanaan ini banyak sekali aspek – aspek yang berkaitan yang juga memerlukan pendalaman – pendalaman dari berbagai aspek tersebut. Sehingga masyarakat sasaran itu betul – betul memahami apa yang menjadi tujuan rencana usaha yang dikembangkan,” paparnya lagi.

“Saat ini untuk mengetahui potensi wilayah nya sendiripun perlu kadang-kadang perlu adanya masukan – masukan dari berbagai pihak, karena berbagai macam pontensi wilayah memang kadang – kadang membuat para kelompok pelaku usaha tidak fokus pada suatu kegiatan,”Tegas Ketua UPT KPHP Barito Tengah.

“Sehingga beberapa kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan tidak bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Melewati kegiatan penyusunan rencana bisnis inilah Kita ingin mencoba agar masyarakat, kelompok Usaha Masyarakat, Badan usaha milik Desa termasuk juga aparatur Desanya itu sedikit bisa sedikit banyak memiliki pemahaman kalau ingin berusaha yang kira-kira disesuaikan dengan yang dengan situasi wilayah Desanya adalah melewati tahapan – tahapan yang sudah dijelaskan, Tambah nya.

Untuk itu memang kami sangat berharap nanti agar masyarakat bisa merespon secara interaktif agar informasi – Informasi itu juga bisa kita sama – sama diolah, dan kita juga bisa memberikan masukan – masukan atau usulan kepada pemerintah, baik pemerintah Daerah, provinsi, dan Pusat terkait dengan kegiatan usaha masyarakat yang sudah tumbuh itu dapat dikembangkan skalnya karena memberi manfaat dan keuntungan kepada masyarakat setempat,” Pungkas Bahruddinsyah. (Robiyalan)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 2,677
  • 21,959
  • 91,497
  • 21,887,625