Tahap ‘Assessment Center’ dalam Seleksi Terbuka di Kementerian PANRB Digelar Secara Hibrida

Tahap ‘Assessment Center’ dalam Seleksi Terbuka di Kementerian PANRB Digelar Secara Hibrida

JAKARTA – Pencarian calon pejabat pimpinan tinggi (PPT) madya dan pratama di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memasuki tahap seleksi assessment center. Kegiatan hari ini direncanakan berlangsung secara luring. Namun, beberapa peserta tengah menjalani isolasi mandiri membuat pelaksanaannya harus dilakukan secara hibrida, yakni memadukan pelaksanaan tes secara daring dan luring. Hal

JAKARTA – Pencarian calon pejabat pimpinan tinggi (PPT) madya dan pratama di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memasuki tahap seleksi assessment center. Kegiatan hari ini direncanakan berlangsung secara luring. Namun, beberapa peserta tengah menjalani isolasi mandiri membuat pelaksanaannya harus dilakukan secara hibrida, yakni memadukan pelaksanaan tes secara daring dan luring.

Hal ini mendapat apresiasi dari salah satu peserta, yakni Prahesti Pandanwangi. “Ini jadi bukti bahwa assessment center dapat dilakukan secara online. Jika dilakukan online seperti ini, jumlah ASN yang bisa dinilai jadi lebih banyak, karena negara butuh data mengenai kompetensi tiap ASN,” ujar ASN yang berasal dari Kementerian PPN/Bappenas ini, di Kantor BKN, Jakarta, Senin (07/02).

Menurutnya, pelaksanaan asesmen secara online dinilai lebih efektif dan efisien jika dilihat dari segi SDM dan biaya. Terlebih dalam situasi pandemi yang masih dirasakan Indonesia, asesmen secara online menjadi salah satu jalan agar pelaksanaan sistem merit yang objektif, akuntabel, dan transparan dapat terus berjalan. 

Assessment center diikuti oleh 48 dari 50 orang yang lulus ke tahapan ini, terdiri dari 40 peserta yang hadir secara offline, dan delapan orang yang hadir secara online. Tak hanya memastikan para peserta berada dalam kondisi sehat, protokol kesehatan yang ketat pun menjadi perhatian utama bagi peserta yang hadir secara fisik. M. Fadhly, peserta yang melamar di Jabatan Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik ini turut mengamini hal tersebut. 

Meski ini pengalaman pertamanya mengikuti seleksi terbuka di Kementerian PANRB, ia mengaku informasi yang diberikan terdiseminasi dengan baik. “Adanya grup WhatsApp juga memudahkan peserta dan memastikan peserta dapat informasi secara lengkap dan tidak ragu-ragu dalam setiap tahapan seleksinya,” imbuh pria yang berasal dari Padang Pariaman ini.

Pelaksanaan tes ini dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang bekerja sama dengan Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tahap assessment center ini akan berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 7 hingga 10 Februari 2022 mendatang. (nan/HUMAS MENPANRB)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 2,831
  • 22,113
  • 91,651
  • 21,887,779