Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Pertama Di Kalimantan

Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Pertama Di Kalimantan

Palangka raya – Dalam rangka ikut mesukseskan program pemerintah dalam sertifikasi khusus wartawan (SKKW) maka diadakan sertifikasi kompetensi wartawan (SKW) angkatan I (satu) Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksakan di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) pada tanggal 01-02 November 2022. Untuk diketahui team asesor yang datang dalam kegiatan ini telah terferifikasi

Palangka raya – Dalam rangka ikut mesukseskan program pemerintah dalam sertifikasi khusus wartawan (SKKW) maka diadakan sertifikasi kompetensi wartawan (SKW) angkatan I (satu) Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksakan di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) pada tanggal 01-02 November 2022.

Untuk diketahui team asesor yang datang dalam kegiatan ini telah terferifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), skema sertifikasi ini sendiri terdiri dari 3 (tiga) tingkatan yaitu Reporter/Muda, Madya dan Utama. Pada saat ditemui di lokasi Edi Anwar Asfar yang menjabat sebagai sekretaris LSP megatakan “ini adalah sertifikasi yang pertama di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Pulau Kalimantan”

“Ini adalah sebuah kemajuan dan tantangan dari kawan-kawan pers yang berada di Kalimantan Tengah setelah mengikuti sertifikasi ini dapat mengupgrade pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pada saat melakukan kegiatan jurnalistik” tambahnya.

Dalam kegiatan sertifikasi ini menggunakan 2 skema yaitu portofolio dan observasi, sedangkan alat ukur sertifikasi ini untuk mengetahui pemahaman atau pengetahuan dalam bidang jurnalis, penerapan dalam mengolah berita, memadukan berita yang ada di lapangan, menganalisis kegiatan yang akan diliput dan mengevaluasi apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan talh sesuai dengan kode etik jurnalis yang masih berlaku untuk saat ini.

Kedepannya diharapkan agar semua awak media memliki sertifikasi khusus yang dapat memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan peliputan, untuk diketahui dalam kegiatan ini sebanyak 12 (dua belas) orang, yang menjadi asesor yaitu bapak Haintje G. Mandagi selaku Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pers Indonesia (LSP Pers Indonesia) dan juga Edi Anwar Selaku Sekretaris LSP Pers Indonesia. (Red/UCL)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 2,769
  • 21,669
  • 93,075
  • 21,871,200