PT. EBA Houling batu bara melintasi jalan umum, diduga Tonase melebihi Muatan yang ditentukan.

MUARA TEWEH, – Houling batu bara yang menggunakan jalan Umum dengan jarak beberapa Km di Kabupaten di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, milik PT. Energitama Bumi Arum (EBA) mendapat teguran dari Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, karena diduga telah melebihi tonase muatan angkutan batubara.

Hal tersebut sesuai dengan surat nomor 550/05/Dishub/I/2021 perihal Tata Cara Pengangkutan Hasil Tambang dan Pemeliharaan Jalan Kabupaten
Surat yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, H. Fery Kusmiadi menyatakan bahwa tonase muatan angkutan hasil tambang (batu bara) tidak boleh melebihi dari Muatan Sumbu Terberat (MST) delapan Ton.

Ditambahkan juga Semua unit angkutan hasil tambang (batu bara) yang melakukan hauling wajib menutup bak nya dengan terpal.

Selanjutnya, diisi surat tersebut dikatakan pada saat tidak turun hujan jalan kabupaten yang merupakan jalur hauling PT. EBA wajib dilakukan penyiraman secara continue.

Salah seorang warga yang tidak mau di sebutkan namanya kepada wartawan, mengatakan bahwa hingga saat ini angkutan batu bara yang di lakukan oleh PT. EBA masih melebihi muatan yang telah di tentukan oleh Dinas Perhubungan. “Bahkan PT. EBA di duga tidak mengantongi izin Pinjam Pakai Jalan,” Ujarnya.

Warga tersebut menyatakan jalan hauling yang di gunakan oleh PT. EBA sepanjang kurang lebih Satu Kilometer tersebut masih digunakan oleh warga sekitar.(GR)