Plt Kadinsos PMD Barito Utara dan Relawan sepakat Mengelar Aksi Penggalangan bantuan di Barito Utara.

Muara Teweh-Relawan Barito Utara mulai menggalang bantuan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan, Minggu (17/1). Aksi solidaritas ini akan digelar di sejumlah titik di Kota Muara Teweh dengan melibatkan sejumlah organisasi pemuda, mahasiswa dan ormas.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah beserta jajaran Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat, akan mendukung penuh rencana aksi peduli korban banjir Kalsel ataupun korban gempa di Sulawesi Barat.

Kesepakatan untuk penggalangan bantuan tersebut tercapai disepakati bersama dalam rapat yang difasilitasi Karang Taruna Kabupaten Barito Utara, dihadiri sejumlah organisasi dan komunitas. Yakni RMPB, RAPI, BEM STAIS, HMI Muara Teweh, Tagana, Korwil IMI, Barahan Budas, Seputarbintangninggi, Karang Taruna Teweh Tengah dan Karang Taruna Lanjas.

Plt KadinsosPMD Batara, Eveready Noor yang menghadiri pertemuan menyampaikan, mulai besok akan menyiapkan Posko Koordinasi. “Silahkan yang mau membantu bahan makanan, barang, pakaian layak pakai dan uang bisa melalui relawan dibentuk maupun ke Posko Koordinasi,” ucapnya didampingi Kasi Kebencanaan, Brahim.

Dalam gerakan ini, relawan ada yang di jalan dan berjalan ke sejumlah pertokoan. Eveready Noor juga diperintahkan Bupati Madalsyah untuk mengirim relawan ke Kalsel.

Ditambahkan Brahim, dalam pengumpulan uang dan barang harus mengikuti aturan yang berlaku. “Karena ada status tanggap darurat di Kalsel maka dibolehkan menggalang sumbangan sampai batas waktu tanggap darurat,” terangnya dalam pertemuan yang dipimpin Sekretaris Karang Taruna Batara, Saleh Purwanto.

Saleh menyebutkan, setelah mendapat masukan dari para relawan maka ditetapkan penggalangan bantuan dari 17-21 Januari 2021. “Aksi dimulai pukul 07.30-10.00 WIB dan 15.30-17.00 WIB,” ujarnya sambil menyebutkan donasi yang dikumpulkan sebagian akan digunakan membantu korban gempa Sulbar.

Di kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Batara, Roby Cahyadi mengajak masyarakat dan dermawan, di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan untuk sama-sama membantu meringankan beban korban yang terdampak musibah banjir di Kalsel. “Kita tidak membatasi organisasi yang mau bergabung dalam penggalangan bantuan, silahkan bergabung,” tandasnya. (GR)