Pemerintah Prov. Kalteng Laksanakan Pawai Budaya Festival Budaya Isen Mulang FBIM 2023

Pemerintah Prov. Kalteng Laksanakan Pawai Budaya Festival Budaya Isen Mulang FBIM 2023

Palangka Raya – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), seluruh kontingen kabupaten Kota se Kalteng turut ikut serta memeriahkan Pawai Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Prov. Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Prov. Kalteng. Rute Karnaval di mulai dari  Jl. Yos Sudarso (Area

Palangka Raya – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), seluruh kontingen kabupaten Kota se Kalteng turut ikut serta memeriahkan Pawai Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Prov. Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Prov. Kalteng. Rute Karnaval di mulai dari  Jl. Yos Sudarso (Area Depan STIE Palangka Raya), Rabu (24/5/2023).

Pawai Budaya FBIM 2023 dilepas secara resmi oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo  dengan mengibarkan bendera start. Pada kegiatan pembukaan Karnaval Budaya tahun 2023 seyogyanya yang menyampaikan sambutan Gubernur tetapi dikarenakan kondisi Gubernur masih dalam pemulihan kesehatan, maka dari itu Wakil Gubernur Kalteng yang menggantikan menyampaikan sambutan tersebut. Wagub mengapresiasi dilaksanakannya Karnaval Budaya 2023 tahun ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan karnaval budaya ini, sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk terus mendukung setiap kegiatan yang bertujuan menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya, memperkokoh ketahanan budaya, dan semangat nasionalisme”, tutur Edy.

Pada Karnaval kali ini, rombongan kontingen seluruh kabupaten kota yang ada di Kalimantan Tengah hadir menampilkan berbagai budaya dan sejarah yang ada di daerah mereka masing masing dengan berbagai tema dan makna dari berbagai baju serta tampilan ukiran yang di tata dengan rapi di arak dengan mobil yang sudah di hias sedemikian rupa oleh para peserta yang ikut hadir dalam pawai tersebut.

Masyarakat kalimanatan tengah sangat berdecak kagum dan terhibur dengan tampilan berbagai hiasan yang mencerminkankan budaya dan sejarah pada setiap kabupaten kota yang ada di kalimantan tengah, tidak ketinggalan juga dari berbagai instansi pemerintah serta beberapa pagoyoban dari berbagai daerah luar kalimantan yang ada di palangkaray ikut meramaikan acara memperingati ulang tahun kalteng yang ke 66 ini.

Harapan salah satu warga yang ikut menyaksikan acara tersebut, semoga acara seperti ini di tahun kedepan bisa lebih meriah dari sekarang, karena saya sebagai masyarakat kalteng merasa bangga bisa melaihat budaya dan sejarahnya melewati acara ini, karena acara ini dilaksanakan dalam satu tahun sekali dan ini juga bisa menggugah hati regenarasi muda anak anak kalteng akan sejarah dan budaya mereka bisa terjaga dengan baik serta melestarikannya’”Ungkapanya.(Red).

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 2,668
  • 21,950
  • 91,488
  • 21,887,616