Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara terus melakukan pembangunan serta perbaikan sarana dan prasarana pendukung di Bumi Perkemahan Panglima Batur setiap tahunnya.

MUARA TEWEH – Rimbunnya pohon karet yang menjulang tinggi menambah suasana di Buper ini terasa lebih sejuk, dengan panorama alam yang indah. Selain sebagai tempat berkemah, Buper Panglima Batur juga kerap dijadikan tempat berwisata.

Buper Panglima Batur banyak memiliki fasilitas menunjang, seperti panggung hiburan, panggung kehormatan, lapangan upacara, pendopo, musholla, menara pandang, dermaga, sarana air bersih siap minum, dan gazebo-gazebo untuk bersantai bersama teman dan keluarga.

Uniknya, sebuah panggung hiburan dibentuk seperti sebuah Kapal untuk mengenang Kapal Onrust yang tenggelam saat perang Barito zaman dulu.

Karena letaknya yang mudah di akses dengan kendaraan, baik motor ataupun mobil. Maka tak heran jika tempat ini selalu ramai dengan pengunjung saat akhir pekan, ataupun libur nasional.

Bagi kalian yang bosan dengan hiruk pikuk suasana kota, dan ingin mendapatkan ketenangan, maka Buper Panglima Batur ini menjadi salah satu alternatif yang paling tepat.

Dengan pesona alam yang masih asri, serta pepohonan yang rindang, cocok sekali untuk melepas penat dan jenuh, sekaligus menenangkan jiwa.

Selain itu, kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan danau trahean yang airnya jernih, dan menawarkan udara sekitarnya sangat sejuk.

Menariknya, saat ini Bumi Perkemahan Panglima Batur yang diambil dari nama seorang Pahlawan ini merupakan Bumi Perkemahan dengan fasilitas paling lengkap kedua, setelah Cibubur, di seluruh Indonesia.(Rd)