pelaku Korupsi DD dan ADD ditahan Penyidik Cabjari Palingkau

pelaku Korupsi DD dan ADD ditahan Penyidik Cabjari Palingkau

Suarakalteng.com – Kuala Kapuas, Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Kapuas di Palingkau akhirnya melakukan penahanan setelah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka FGSS, Senin (14/12/2020). Cabang Kejaksaan Negeri Kapuas di Palingkau, Amir Giri SH mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan kurang lebih 4 jam oleh penyidik, maka dilakukan penahanan yang kemudian dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala

Suarakalteng.com – Kuala Kapuas, Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Kapuas di Palingkau akhirnya melakukan penahanan setelah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka FGSS, Senin (14/12/2020).

Cabang Kejaksaan Negeri Kapuas di Palingkau, Amir Giri SH mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan kurang lebih 4 jam oleh penyidik, maka dilakukan penahanan yang kemudian dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas terhadap tersangka FGSS.

“Penahanan FGSS dititipkan di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas selama 20 hari kedepan akan terhitung sejak hari ini,” ungkap Amir Giri.

Kasi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pulang Pisau ini mengatakan, bahwa penahanan tersebut dilakukan oleh penyidik dikarenakan tersangka FGSS diduga keras melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Kahuripan Permai Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2018 dan 2019, sebagaimana telah diatur dan diancam pidana pada Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 atau Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 1999 jo Undang Undang RI Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Ancaman pidana pada pasal tersebut dapat dilakukan penahanan sesuai dengan ketentuan Pasal 21 ayat (4) huruf a KUHAP. Tersangka juga dikhawatirkan melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatannya,” tegas Amir Giri.

Perbuatan tersangka ditegaskan Amir Giri, telah memenuhi syarat obyektif dan syarat formil dalam ketentuan Pasal 21 ayat (1) KUHAP.

“Sebelum dilakukan penahanan terhadap tersangka, telah dilakukan tes kesehatan dan rapid test dengan hasil sehat serta non reaktif. Selama perjalanan dari kantor Cabjari Kapuas di Palingkau menuju ke Rutan Kuala Kapuas berjalan lancar dengan pengawalan dari anggota Kepolisian Sektor Kapuas Murung,” jelas Amir Giri.

Kemudian Amir sapaan akrab Kacabjari Palingkau ini, mengatakan, setelah ini penyidik akan segera melimpahkan berkas perkaranya tersebut ke Penuntut Umum.

“Sampai saat ini kami masih mendalami terus kasus tersebut. Tidak menutup kemungkinan apabila terdapat alat bukti yang cukup, maka bisa saja bertambah sebagai tersangka. Pada intinya saat ini penyidik masih tetap bekerja, tunggu saja hasilnya,” tutup Amir.(Red)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 1.762
  • 143.884
  • 589.097
  • 17.667.819