Menteri LHK mengapresiasi kinerja SPORC dan semua pihak yang telah membantu tugas SPORC selama ini.

Menteri LHK mengapresiasi kinerja SPORC dan semua pihak yang telah membantu tugas SPORC selama ini.

Suarakalteng.com – Brigade Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, memasuki usia 15 tahun. Peringatannya hari ini diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring). ” Saya mengapresiasi kinerja SPORC dan semua pihak yang telah membantu tugas SPORC selama ini. Harapannya, kedepan kiprah SPORC semakin hebat dalam mengamankan sumber daya hutan dan keanekaragaman

Suarakalteng.com – Brigade Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, memasuki usia 15 tahun. Peringatannya hari ini diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring).

” Saya mengapresiasi kinerja SPORC dan semua pihak yang telah membantu tugas SPORC selama ini. Harapannya, kedepan kiprah SPORC semakin hebat dalam mengamankan sumber daya hutan dan keanekaragaman hayati Indonesia,’ ungkap Menteri LHK.

SPORC adalah soko guru penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan.Dalam lima tahun terakhir, kinerja SPORC bersama Polhut dan PPNS telah melakukan 1.480 operasi.

Di tahun 2020 yang berat karena pandemi, SPORC masih terus melakukan operasi-operasi, diantaranya 78 operasi penindakan pembalakkan liar yang berhasil mengamankan ribuan meter kubik kayu ilegal, 51 operasi perambahan hutan, 47 operasi penindakan perdagangan tumbuhan dan satwa liar, dan 184 kasus yang ditindak SPORC berhasil P21.

Saya selalu mengingatkan jika saat ini kita sedang meminjam sumberdaya hutan dan keanekaragaman hayati dari generasi masa depan, sehingga kita punya kewajiban menjaganya untuk generasi nanti dengan kualitas dan kuantitas yang minimal sama dengan yang kita nikmati saat ini.

Untuk itu anggota SPORC harus semakin meningkatkan kompetensinya di tengah tindak kejahatan pidana kehutanan yang semakin canggih seiring kemajuan teknologi.

Kejahatan kehutanan seperti perambahan hutan, ilegal logging, penambangan liar, perburuan dan perdagangan satwa liar yang dilindungi, pembakaran hutan dan lahan, perlu diantisipasi oleh SPORC, tentunya harus bersama-sama dibantu masyarakat.

Jiwa patriot hebat dalam menjaga hutan sungguh-sungguh bermakna bagi kemajuan bangsa Indonesia dan peradaban umat manusia di muka bumi ini. Tutupnya (Red)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 278
  • 12,682
  • 62,306
  • 21,638,151