Masa Jabatan DAD Barito utara Berakhir 7 April 2021, Ketua AMAN Barut Angkat Bicara

BARITO UTARA – Menyikapi telah berakhirnya masa Jabatan ketua Dewan Adat Dayak (DAD) di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalamantan tengah yang tertanggal 7 April 2021, Putes Lekas, Ketua AMAN Barito Utara angkat bicara pada Jumat,09/05/2021.

Saat dikonfirmasi Awak media, Putes Lekas mengharap agar DAD provinsi Kalimantan Tengah mempertimbangkan untuk memperpanjang SK Ketua DAD sebelumnya mengingat beberapa hal dan pemilihan ketua DAD yang baru terbuka untuk umum, selain menguasai mekanisme Adat Istiadat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, Calon juga wajib diuji wawasannya di Betang Muara Teweh melalui “Simpun Dusun/Jampa” untuk menjalankan tradisi leluhur secara turun temurun di Blai Adat ( Rumah Betang) menurut kebiasaan tradisi.

” Harapan Saya seluruh calon ketua DAD wajib diuji Kompetensi dalam hal pemahaman, menguasai dan memahami Adat Istiadat dan kebudayaan tradisi Leluhur di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, jelasnya.

” Hal terpenting yang juga wajib dilakukan ketua terpilih nantinya harus melakukan proses Sumpah adat di Blai Adat Bumi iya Mulik Bengkang Turan, seperti kebiasaan Leluhur dan sebagai bentuk pembuktian Kepada para Tokoh Adat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan bahwa ketua terpilih tersebut benar-benar berpihak kepada Masyarakat Adat kabupeten Barito Utara, bukan Kepada Pihak luar, Ucap Putes sambil senyum.

“Karena Peraturan Perundangan Undangan Negara sangat jalas mengatakan bahwa Pratana Adat berbeda Dangan lembaga pemerintah” Pungkas Ketua AMAN Barito Utara. (Red)