Kapolres Katingan Inisiasi MoU Pilkades Damai Tahun 2019

Polres Katingan – Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., inisiasi acara Penandatangan MoU antara Polres Katingan dengan para Ketua Panitia Pilkades dan Calon Kades Sekabupaten Katingan dalam rangka cooling system menciptakan pelaksanaan Pilkades yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan, yang bertempat di Gedung Salawah, jalan Trans Kalimantan, Kasongan Lama, Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kamis (31/10/2019) pukul 09.00 WIB.

Dalam acara MoU Pilkades serentak tersebut di hadiri oleh Bupati Sakariyas, Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit di Kasongan, Mayor Inf Supriyanto dan pejabat instansi SOPD Kabuapten Katingan, Pejabat Utama Polres Katingan, Para Camat Sekabupaten Katingan, Para Danramil, Para Kapolsek, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan tentunya para Ketua Panitia Pilkades dan Calon Kades Sekabupaten Katingan, dengan total hadirin sebanyak 487 orang.

Acara ini digagas untuk mewujudkan komitmen bersama dari semua pihak baik dari Pemerintahan, TNI, Polri, Panitia Pilkades dan Calon Kades dalam menuju pelaksanaan Pilkades Kabupaten Katingan yang aman, damai dan sejuk.

Dalam sambutannya Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan bahwa mengingat penting dan strategisnya pemilihan kepala desa bagi keberlangsungan pemerintahan di wilayah Kabupten Katingan maka Polres Katingan, memiliki tanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades serentak 76 desa di wilayah Kabupaten Katingan.

“ Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprenshif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama dan sinergitas dengan penyelenggara pilkades, TNI, Polri, masyarakat dan mitra keamanan lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 terdapat potensi kerawanan yang dapat terjadi pada setiap tahapan Pilkades berupa pelanggaran maupun tindak pidana yang harus diantisipasi, dikelola dan ditangani oleh Polri secara profesional, transparan dan akuntabel serta diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkades Kabupaten Katingan yang serentak dilaksanakan tahun 2019”, ujar Kapolres.

Wujud komitmen dalam acara tersebut di kemas dengan Deklarasi Ketua Panitia yang dibacakan oleh Ketua Panitia Pilkades Desa Hampalit Kereng Pangi Sdr. Aditia dan Deklarasi Calon Kades, dibacakan oleh salah satu Calon Kades Desa Desa Hampalit Kereng Pangi yang diikuti oleh seluruh Ketua Panitia Pilkades dan Seluruh Calon Kades.

Kemudian dilanjutkan dengan inti acara tersebut yaitu Penandatangan MoU antara Kapolres Katingan dengan para Ketua Panitia Pilkades dan Calon Kades Sekabupaten Katingan yang disaksikan oleh Bupati Katingan dan Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit di Kasongan.

Pilkades secara serentak di Kabupaten Katingan ini nantinya bakal berlangsung tanggal 25 November 2019 mendatang.

Bupati Katingan Sakariyas, S.E., dalam sambutannya mengatakan menyambut baik pelaksanaan acara ini, dan memberikan apresiasi penghargaan yang tinggi atas kerjasama Polres Katingan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan yang bersinergi dalam mendukung pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan.

“ Untuk kelangsungan pelaksanaan pilkades yang aman, damai dan sejuk, secara khusus saya mengajak baik dari Polri, Panitia Pilkades maupun para calon kepala desa agar mempedomani peraturan – peraturan terkait Pilkades dan secara khusus lagi tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Katingan Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa yang mengatur secara jelas tentang pelaksanaan semua tahapan Pilkades. Dan marilah kita jadikan acara deklrasi damai ini untuk membulatkan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pilkades serentak tah (ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *