Kades Datai Nirui Minta Pihak Polres Barito Utara Serius Menanggapi Dumas Nya.

Kades Datai Nirui Minta Pihak Polres Barito Utara Serius Menanggapi Dumas Nya.

Muara Teweh – Kepala Desa (Kades) Datai Nirui meminta Kepolisian Resort (Polres) Barito Utara, Polda Kalimantan Tengah agar secepatnya dan serius dalam menanggapi laporan dugaan Pemalsuan Atministrasi Desa, Penghasutan dan Pencemaran Nama Baik yang dilakuka oleh oknum Ketua Badan Perangkat Desa (BPD) Datai Nirui, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Permintaan tersebut disampaikan pelapor yang

Muara Teweh – Kepala Desa (Kades) Datai Nirui meminta Kepolisian Resort (Polres) Barito Utara, Polda Kalimantan Tengah agar secepatnya dan serius dalam menanggapi laporan dugaan Pemalsuan Atministrasi Desa, Penghasutan dan Pencemaran Nama Baik yang dilakuka oleh oknum Ketua Badan Perangkat Desa (BPD) Datai Nirui, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

Permintaan tersebut disampaikan pelapor yang merupakan Kepala Desa Datai Nirui, Naek Marusaha Panjaitan kepada awak media pada Kamis, 25/5/2023. Siang

“Jadi saya meminta, agar laporan yang sudah saya sampaikan terkait dugaan tindak pidana yang dilakukan oknum ketua BPD Non aktif yang berinisial RM itu agar diseriusi oleh tim penyidik Polres Barito Utara,” Papar Naek.

Sebab katanya, saya sudah membuat laporan Dumas sejak tanggal 10 Mei 2023. Oleh sebab itu pada kesempatan ini, saya berharap ada perhatian secara khusus dari bapak Kapolres Barito Utara agar Secepatnya menindaklanjuti secepatnya laporan saya demi keadilan untuk saya,” harap Naek.

Dia pun menjelaskan, adanya dugaan tindak pidana yang dilakukan oknum ketua BPD Non aktif tersebut, terjadi di kantor BPD pada hari Kamis 7 Mei 2023 dengan cara mengelabui para Mantir Adat dan Tokoh Masyarakat lainya yang seakan-akan melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (MUSDESUS).

” Yang mana dalam rapat tersebut beragendakan supaya saya sebagai Kepala Desa Terpilih di Desa Datai Nirui di Non Aktifkan dan diharapkan secepatnya menaikan (PAW) Pergantian Antar Waktu, Sebagai Kepala Desa Pengganti,” Jelas Nek.

Padahal lanjut Naek, Saudara RM yang saya lapor itu sudah 7 bulan tidak lagi menjabat sebagai ketua atau pun anggota BPD yang didasari dengan surat pengunduran dirinya menjadi ketua BPD tertanggal 12 September 2022 dan itu Sah secara hukum ataupun secara peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku,”Terangnya.

“Jika RM masih diakui menjabat oleh siapapun, artinya sama saja saya disuruh korupsi, karena bagaimanapun saya selaku kepala desa terpilih di desa tersebut bertanggung jawab sebagai pengguna angaran.

Apabila tetap menganggarkan dana desa (DD) nantinya, kepada orang yang tidak bekerja dan tidak ada jabatan di pemerintahan desa itu maka saya kena,” ungkapnya.

Saat konfirmasi kepada Kapolres Barito Utara melalui Kasat Reskrim AKP Wahyu Setio Budiarjo terkait laporan Kades Desa Datai Nirui mengatakan, masih dalam proaes penyelidikan.

“Ya mas terkait laporan kades, masih dalam proses penyelidikan, Nanti ada kita undang klarifikasi semua pihak berkaitan dengan hal tersebut,”terang Wahyu.(Red)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 2,668
  • 21,950
  • 91,488
  • 21,887,616