Kabupaten Barito Utara Terima Penghargaan Dari BPKP Prov. Kalteng

MUARA TEWEH – Inspektorat mewakili Pemerintah Daerah untuk menerima Piagam Penghargaan dalam hal Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 dari Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah. Piagam tersebut diserahkan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Setia Pria Husada kepada Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah di Rumah Jabatan Bupati saat silahturahmi.

Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Setia Pria Husada menyampaikan bahwa Kabupaten Barito Utara adalah kabupaten keempat yang telah mencapai kapabilitas level 3 setelah Kabupaten Kotawaringin Timur, Katingan dan Pulang Pisau.

“Level yang ditetapkan dari 1-5, APIP dikatakan sudah mencapai level 3 (integrated) jika telah mampu menilai efisiensi, efektifitas dan ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola manajemen resiko dan pengendalian intern,” terangnya.

Setia Pria Husada juga menjelaskan bahwa Inspektorat Kabupaten Barito Utara telah dapat mengawal program prioritas Pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk memastikan program tersebut berjalan dengan efisien dan efektif serta memberikan pembinaan dan bimbingan kepada seluruh perangkat daerah bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik dan sebagainya.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Inspektorat Kabupaten Barito Utara yang telah bekerja keras, ikhlas dan tuntas dalam mencapai prestasi kapabilitas APIP Level 3.

“Semoga kedepannya, Kabupaten Barito Utara dapat lebih baik lagi dari segi pembangunan, pemerintahan dan pelaporan keuangan,” harap H. Nadalsyah. Sementara, Inspektur Kabupaten, Drs. H. Elpi Elpanop mengatakan bahwa pencapaian yang diraih merupakan kerjasama dari seluruh jajarannya.

“Disamping itu, pencapaian ini merupakan petunjuk dan arahan yang diberikan oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekda,” jelas Elpi. (Red)