Jaksa eksekutor melaksanakan eksekusi terpidana an. Roby Bin Mahyuni yang melanggar pasal 162 ayat 1 UU RI No. 4 Tahun 2009 tentang Minerba di Muara Teweh

Jaksa eksekutor melaksanakan eksekusi terpidana an. Roby Bin Mahyuni yang melanggar pasal 162 ayat 1 UU RI No. 4 Tahun 2009 tentang Minerba di Muara Teweh

MUARA TEWEH – Bahwa Jaksa eksekutor yang dipimpin oleh Kasi Pidum A. Zahedi F, SH, MH dan Kasi Datun Theodorus Ludong, SH melaksanakan eksekusi terhadap terpidana an. Roby bin mahyuni (alm) berdasarkan penetapan hakim Pengadilan Tinggi (Banding) yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Muara Teweh yang berbunyi sebagai berikut : Menyatakan terdakwa Robi Bin Mahyuni (alm)

MUARA TEWEH – Bahwa Jaksa eksekutor yang dipimpin oleh Kasi Pidum A. Zahedi F, SH, MH dan Kasi Datun Theodorus Ludong, SH melaksanakan eksekusi terhadap terpidana an. Roby bin mahyuni (alm) berdasarkan penetapan hakim Pengadilan Tinggi (Banding) yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Muara Teweh yang berbunyi sebagai berikut :

  1. Menyatakan terdakwa Robi Bin Mahyuni (alm) terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “telah merintangi atau mengganggu kegiatan usaha pertambangan”.
  2. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama 3 (tiga) bulan kurungan.
  3. Memerintahkan agar Terdakwa ditahan.

” Dan juga sebelumnya kami sdh mengundang secara lisan serta menjelaskan kepada saudara roby dan ibu leny selaku ketua fordayak barito utara bahwa eksekusi terhadap terpidana roby wajib dilaksanakan sedangkan upaya hukum perdata yg sedang ditempuh oleh saudara roby tdk menghambat proses eksekusi,” ucap Kasi Datun Theodorus Ludong, SH

Ditempat yang Sama, Saudara Robi menjelaskanbahwa sebenarnya dirinya juga korban, “karena Tanahnya digarap pihak perusahaan PT. MARUAI COAL semena-mena, hingga dia mengadu ke Pemangku Adat setempat, dan Pangku adat memutuskan untuk memasang Hinting Adat di tempat Sengketa Tersebut. “, Dalam pemasangan Hinting Adat Tersebut di ikuti Oleh Damang Kepala adat Kec. Laung Tuhup dan Puluhan orang Tokoh masyarakat.

Setelah pemasangan Hinting Berjalan, maka dikunjungi Bupati Murung Raya, Kadis Perkebunan, Anggota DAD dan Damang untuk meninjau Areal Konflik, yang dilapangan terlihat Jelas Tanaman Pohon Sintuk, dan Kebun Buah buahan Saya yang ditebang dan dirusak semena-mena oleh pihak PT. MARUAI COAL, Ucap Robi.

Namun Seiring berjalannya waktu Saya dalam proses Saya diadukan hingga menjadi terpidana dan Ditangkap,papar Roby.

Namun dalam Hal ini, Hingga Sampai detik ini Saya tetap mencari keadilan, karena Saya dipenjara menuntut Hak saya sediri, salah satu upaya Saya adalah menguasakan Kasus hukum yang saya alami ini Kepada Leny Damayanti Selaku Ketua FORDAYAK Barito Utara, Karena saya yakin saya tidak bersalah,” Tutup Roby.(Red)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 2.614
  • 144.736
  • 589.949
  • 17.668.671