Hatsindo Kalteng Sukses Laksanakan Uji Kompetensi SKK Kontruksi

Hatsindo Kalteng Sukses Laksanakan Uji Kompetensi SKK Kontruksi

Palangkaraya – Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (HATSINDO)  Provinsi Kalimantan Tengah yang berkantor di jalan G. Obos 18 No. 18 B kota Palangkaraya bersama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hatsindo Indonesia Teknik melaksanakan Uji Kompetensi SKK Kontruksi dari jenjang tujuh sampai dengan jenjang sembilan “adapaun  Tempat Uji Kompetensi (TUK) berlangsung di

Palangkaraya – Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (HATSINDO)  Provinsi Kalimantan Tengah yang berkantor di jalan G. Obos 18 No. 18 B kota Palangkaraya bersama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hatsindo Indonesia Teknik melaksanakan Uji Kompetensi SKK Kontruksi dari jenjang tujuh sampai dengan jenjang sembilan “adapaun  Tempat Uji Kompetensi (TUK) berlangsung di kantor Hatsindo Kalteng.”Rabu (07/09/2022).

Sebagai ketua Hatsindo Kalteng sekaligus ketua penyelenggara Didik Darmadik, ST mengatakan “Jumlah peserta yang mengikuti Uji Kompetensi jasa kontruksi 22 peserta terdiri dari sarjana teknik yang ada di Kalimantan Tengah, hal ini  juga perdana atau pertama kali di adakan mengingat pentingnya Sertifikat Keahlian (SKA) ini untuk persyaratan LSBU badan usaha untuk perpanjangan dan pembuatan baru serta untuk  persyaratan tender lainnya yang sudah harus di masukan ke dalam system nama dan serta nomor regestrasinya.

“Adapun Uji Kompetensi yang di ikuti peserta Ahli Muda Bidang Keahlian Teknik Sumber Daya Air dan Ahli Madya Bidang Keahlian Teknik Sumber Daya Air (Jenjang 7 dan jenjang 8) berjumlah tujuh orang sedangkan untuk Ahli Muda Bidang Keahlian Teknik Jalan dan Ahli Madya Bidang Keahlian Teknik Jalan (Jenjang 7 dan jenjang 8) berjumlah dua belas orang, untuk yang berkelas adalah Ahli Utama ATBG atau jenjang 9 yang mengikuti berjumlah empat orang, dengan mendatangkan dua orang Asesor yang bersertifikat dari BNSP.  

Tujuan kegiatan ini adalah memperbantukan kelengkaan SKA untuk badan usaha yang ada di Kalimantan Tengah dari berbagai anggota asosiasi seperti Gapensi, Gapeksindo, Askonas dan asosiasi jasa kontruksi lainnya yang sudah ada di kota palangkaraya serta di kabupaten kota lainnya seluruh Kalimantan Tengah.

“Hal ini terbukti hasil survie kami di lapangan bahwa perusahaan CV maupun PT terkendala dengan kekurangan tenaga ahli yang di persyaratkan dalam melakukan regestrasi perpanjangan maupun perubahan subkualifikasi bidang jasa kontruksi pada badan usaha (SBU) yang harus menambahkan tenaga ahli yang ijinnya masih berlaku, sedangkan perusahaan yang ada di Kalimantan Tengah mempunyai SKA kebanyakan sudah habis masa berlakunya sehingga mereka kesusahan dalam memperpanjang tenaga ahlinya. dengan hadirnya kami selaku perpanjangan tangan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hatsindo Indonesia Teknik yang resmi dari pusat untuk Kalimantan Tengah bisa kiranya membantu solusi tersebut.”Ungkapnya.

Lebih lanjut Didik menjelaskan “Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP merupakan lembaga yang bertugas melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Kerja sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah Lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari BNSP.

Berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi Hatsindo Indonesia Teknik dipelopori oleh Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (HATSINDO) yang merupakan Asosiasi yang terakreditasi sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR Nomor 14 tahun 2020.

Tugas dan fungsi Lembaga Sertifikasi Profesi Hatsindo Indonesia Teknik yaitu melaksanakan sertifikasi serta uji kompetensi dan bergerak di bidang Konstruksi kepada para tenaga kerja diseluruh Indonesia guna menghasilkan tenaga kerja yang bersertifikat dan kompeten dibidangnya.

Kewenangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) antara lain a. Menerbitkan sertifikat kompetensi sesuai pedoman BNSP, b. Mencabut atau membatalkan sertifikat kompetensi, c. Memberikan sanksi kepada asesor dan TUK yang melanggar aturan, d. Mengusulkan skema baru, e. Mengusulkan dan atau menetapkan biaya uji kompetensi.

Dalam pelaksanaan tugasnya LSP Hatsindo Indonesia Teknik terdiri dari unsur Pengarah dan unsur Pelaksana yang didukung oleh sarana prasarana dan juga manajemen yang berbasiskan Teknologi Informasi.

Harapannya kedepan akan banyak peserta yang mengikuti Uji Kompetensi yang kami adakan kembali, sebagai ketua Hatsindo Kalteng dan sekaligus penyelenggara kami akan  sepenuh hati memberikan pelayanan terbaik dan profesional untuk peserta yang ikut nanti serta kami berharap juga kepada Pemerintah Daerah bisa memberikan dukungan kepada kami terutama dari Universitas Teknik dan dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah.”Tutupnya..(Red)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 1.764
  • 143.886
  • 589.099
  • 17.667.821