Hasil RPD Pedagang dari luar Puruk Cahu daerah kota Puruk cahu, Hanya 12 pedagang boleh turut berjualan di Alun-alun Kota Puruk Cahu

MURUNG RAYA – hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP), DPRD KAB. MURA, DISPERINDAG KOP UMKM, Kasat POL PP dan Pedagang Pasar Malam alun2, berbuah kesepakatan hanya diperbolehkan 12 Pedagang saja dari luar daerah kota Puruk cahu yang turut berjualan di alan-alun tersebutselama bulan puasa.

Seusai Rapat para peserta membubarkan diri, namun ditempat rapat tersebut masih ada beberapa bertahan dilokasi (Ruang Rapat Pleno DPRD KAB. MURA). yammana diantanya KADIS PERINDAG KOP UMKM, AL ISRA (juru Bicara Pedagang alun2 yg keberatan dgn rencana dinas terkait) dan beberapa orang pedagang pasar alun2 lainnya.

KADIS PERINDAG KOP mengajak kepada Al Isra dan beberapa orang yang masih berada di ruangan tersebut akan mengadakan peninjauan lapangan pada hari berikutnya ke pasar alun2 guna untuk merelokasi tempat pelapak atau pedagang yang sdh disepakati sebelumnya ke beberapa titik di sudut pasar alun-alun.

Tujuan relokasi supaya para pedagang pasar yang sejak lama menetap di alun-alun tersebut terkena lalu lintas para pengunjung hingga barang dagangan mereka tidak lagi sepi dari pengunjung.

Akan tetapi keesokan harinya KADIS PERINDAG KOP UMKM membatalkan rencana tersebut karena ada sesuatu dan lain hal. Hingga pertemuan yang telah dijanjikan sebelumnya oleh KADIS PERINDAG KOP tersebut hanya dihadiri oleh padagang pasar alun2 dan beberapa orang pengurus pasar terdahulu, merupakan inisiator dari kedatangan pedagang dari luar daerah kota Puruk Cahu.

Didalam agenda pertemuan tersebut tidak ada titik temu sehingga merugikan bagi pihak pasar alun2 yang sejak notabeneh berdagang di alun2. Namun adanya oknum yang memiliki kepentingan pribadi sehingga mempertahankan pedagang dari luar daerah agar tetap berjualan pada lapak yg telah ditentukan. Hal tersebut telah melanggar kesepakatn sebelumnya antara KADIS PERINDAG KOP, Pedagang Pasar alun2 yang menetapkan bahwa hanya 12 pedagang dari luar yang boleh turut berjualan di tersebut . (Red)