Bukan Soal Cuaca, Banjir Parah Kalimantan Selatan karena Alam Rusak Berdampak ke Kebutuhan Masyarakat Barito Utara

Bukan Soal Cuaca, Banjir Parah Kalimantan Selatan karena Alam Rusak Berdampak ke Kebutuhan Masyarakat Barito Utara

 Sekitar 11 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, banjir parah. Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatakan, dampak banjir Kalsel merenggut 21 jiwa, dengan 403.405 orang terdampak. Ada sekitar 79.636 rumah rusak atau terendam banjir. Pemerintah Kalsel telah menetapkan status bencana tanggap darurat banjir 14-27 Januari 2021. Banjir ini membuat lalu

 Sekitar 11 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, banjir parah. Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatakan, dampak banjir Kalsel merenggut 21 jiwa, dengan 403.405 orang terdampak. Ada sekitar 79.636 rumah rusak atau terendam banjir. Pemerintah Kalsel telah menetapkan status bencana tanggap darurat banjir 14-27 Januari 2021.

Banjir ini membuat lalu lintas pun terkendala. Jalur Banjarmasin ibukota Kalsel dan Kota Banjarbaru, tempat Bandara Internasional Syamsudin Noor berada, melintasi Kabupaten Banjar, pun sempat tergenang, bahkan nyaris lumpuh.

Walhi Kalsel menyatakan, kerusakan alam menjadi faktor atau penyebab utama yang mendorong curah hujan tinggi hingga menyebabkan bencana banjir begitu luas di Kalsel, sampai 11 kabupaten. Kisworo menyebut, ada 814 lubang tambang di Kalsel, yang tidak tereklamasi.

“Belum ada perubahan. Mana ada yang reklamasi. Perusahaan rata-rata belum reklamasi, alasannya masih beroperasi,” katanya.

Dia bilang, Walhi yang menang dalam gugatan hingga kasasi saja demi mempertahankan hutan seluas 5.908 hektar, tengah menghadapi upaya Peninjauan Kembali (PK) perusahaan.

Selain itu dampak Banjir di Kalimantan Selatan sangat berimbas ke Provinsi Kalimantan Tengah, terkususnya Kabupaten Barito Utara.Sabtu, 23/01/2021.

Dampak yang dirasakan langkanya Gas elpiji 3 kg dan naiknya beberapa kebutuhan pokok seperti,Telor dan kebutuhan pokok lainnya.(GR)

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 5.612
  • 160.438
  • 653.770
  • 14.961.916