Besok, belasan ribu vaksin COVID-19 tiba di Kalteng

Suarakalteng.com – Palangka Raya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul menjelaskan, direncanakan pada Selasa (5/1) besok, vaksin COVID-19 akan tiba di wilayah setempat.

“14.680 dosis yang akan datang besok dengan pesawat yang dijadwalkan pagi,” katanya melalui pesan Whatssapp di Palangka Raya, Senin.

Vaksin yang akan tiba nantinya, rencananya akan disimpan terlebih dulu di gudang milik Dinkes Kalteng, untuk dihitung dan disiapkan alokasinya ke masing-masing daerah.

“Kami hitung dan siapkan alokasinya ke kabupaten dan kota sesuai jumlah nakesnya,” jelasnya yang juga menjabat Wakil Ketua Pelaksana Harian Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng tersebut.

Adapun prioritas utama vaksinasi adalah nakes atau tenaga kesehatan, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ia memaparkan, saat ini jumlah nakes se-Kalteng sekitar 17.942 orang. Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan vaksin yang direncanakan tiba besok.

Suyuti pun menegaskan, tentu akan ada pemetaan nakes terkait sasaran vaksinasi nantinya yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Mulai dari nakes yang bertugas tidak pada pelayanan, seperti Dinkes provinsi, kabupaten, kota, bapelkes ataupun dosen.

“Belum lagi yang punya riwayat alergi tertentu atau penyakit tertentu,” terangnya.(Red)