AMAN HST Kalsel sampai hari ini menerima Bantuan sebanyak Rp. 71.100.000.

Hulu Sungai Tengah- Rubi Ketua BPHD menyampaikan ke awak media siber suarakalteng.com, ” Semoga ada para donator yang dermawan saat ini yang bisa membantu dalam bidang konstruksi pasalnya 27 rumah yang telah rusak berat tidak bisa di huni”, Jumat, 05/02/2021.

BPHD AMAN HST Kalimantan Selatan menerima donasi yang dimulai dari 15 Januari 2021 lalu hingga saat ini. Upaya ini dilakukan untuk membantu meringankan penderitaan korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Hulu Sungai Tengah khususnya komunitas Adat anggota AMAN, papar Rubi.

Donasi berupa barang, uang, maupun tenaga diterima oleh Posko 2 untuk penyaluran bantuan logistik langsung kepada korban banjir.

Total Donasi berupa uang yang masuk ke Posko 2 AMAN HST Kalsel sampai hari ini sebanyak Rp. 71.100.000.

Terealisasi sebesar Rp. 69.532.000, jadi masih ada sisa Rp. 1.568.000. Donasi berupa uang tersebut kami belanjakan ke berbagai kebutuhan pokok dan barang-barang, seperti; beras, ikan kering, sarden, susu, gula, minyak goreng, teh, kopi, garam, mie instan, biskuit, roti, telur, obat-obatan (minyak kayu putih, vitamin, balsem), sabun mandi, pasta gigi, detergen, sikat gigi, peralatan masak (panci, ceret, wajan, piring, sendok, gelas, mangkok, ember, baskom, dan termos), pampers, terpal, tikar, dll.

Donasi yang diterima salama ini dari berbagai kalangan. Baik individu, kelompok, maupun lembaga/organisasi. Seperti Pengurus Besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PB AMAN), Pengurus Daerah (PD) Pengurus Wilayah (PW) AMAN dari berbagai daerah, komunitas anggota AMAN dari Berbagai Wilayah, KitaBisa.com, ulur lovers, saveBarabai, Pemuda Pringgabaya Gelamang dan Pemuda Mandiri Karang Duren beserta PA dari Komunitas Pringgabaya dan kawan-kawan relawan lainnya.

Selain Bantuan berupa Uang tunai, kami juga menerima berupa barang dari WALHI KALSEL berupa List Mie instan, Minyak goreng, Masako, Beras, Gula, Garam, Selimut, Makanan ringan, Sosis, Susu, SGM, Wafer, Telur, ATK.

Penyaluran logistik oleh Posko 2 AMAN KALSEL-HST bersama relawan dimulai sejak tanggal 24, 25, 26, 27 Januari 2021 dan 1 Februari 2021 ke Desa Datar Ajab, Desa Hinas Kanan, Desa Patikalain, Desa Murung B, dan Desa Haruyan Dayak Kecamatan Hantakan.

Penerimaan bantuan donasi masih Masih buka hingga 2 bulan kedepan, mengingat kondisi korban banjir masih dalam tahap pemulihan pasca bencana tersebut.

Selain itu ekonomi masyarakat juga belum stabil, karena lumbung padi dan lahan pertanian serta perkebunan rusak, ada juga beberapa warga yang kehilangan rumah akibat hanyut dan terkena longsor, sehingga masih mengharapkan bantuan dari berbagai pihak,Pungkas Rubi.(Tim)