5 Hektar Lahan Dibakar, Pemilik dan Pembakar Lahan Diamankan Polsek Arut Utara

5 Hektar Lahan Dibakar, Pemilik dan Pembakar Lahan Diamankan Polsek Arut Utara

Polres Kobar – Seorang pria paruh baya berinisian TT (58) warga Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng tak berkutik setelah tertangkap tangan oleh personel Polsek Aruta saat melakukan pembakaran lahan yang berada di Desa Kerabu, Selasa (21/7/2020) pukul 12.00 WIB. Kapolsek Aruta Ipda Rahis Fadillah, s.Tr.K menjelaskan, pelaku TT tertangkap

Polres Kobar – Seorang pria paruh baya berinisian TT (58) warga Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng tak berkutik setelah tertangkap tangan oleh personel Polsek Aruta saat melakukan pembakaran lahan yang berada di Desa Kerabu, Selasa (21/7/2020) pukul 12.00 WIB.

Kapolsek Aruta Ipda Rahis Fadillah, s.Tr.K menjelaskan, pelaku TT tertangkap tangan pada saat personel Polsek Aruta bersama Tim Satgas Karhutla Kec. Aruta melaksanakan pemadaman kebakaran lahan di lokasi tersebut.

“Pelaku beserta barang bukti langsung kami amankan dan dibawa ke Polsek Aruta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan saat ditanya pelaku mengakui bahwa dirinya dengan sengaja melalukan pembakaran lahan tersebut,” jelas Rahis.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil keterangan yang didapat, pelaku TT diperintahkan oleh pemilik lahan tersebut untuk membakar lahannya seluas 5 hektar yang berada di Desa Kerabu dengan imbalan upah sebesar 2,5 Juta/Hektar.

Berdasarkan keterangan tersebut, Polsek Aruta langsung bergerak untuk mengamankan pelaku kedua, yaitu pemilik lahan tersebut yang berinisial PT (30) di kediamannya di Kelurahan Pangkut Kec. Aruta.

“Pelaku TT melakukan penebangan hutan sejak pertengahan bulan puasa dan baru dua hari ini melakukan pembakaran lahan dikarenakan cuaca yang mendukung. Luas yang sudah terbakar sebesar 4 Hektar dan sudah berhasil kami padamkan,” jelas Kapolsek.

Akibat perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 187 ayat 1 KUHP dan atau Pasal 25 ayat (1) Pergub Kalteng Nomor 5 tahun 2003, tentang pengendalian hutan dan lahan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan atau lahan, karena sangat merugikan dampaknya bagi kesehatan serta menjadi kabut asap yang dapat mengganggu aktifitas kita sehar-hari. Bagi pelaku pembakaran hutan maupun lahan baik perorangan atau korporasi akan kami tindak tegas sesuai hukum dan perundang–undangan yang berlaku,” tegas Kapolsek. (Ahmad)

Sumber:Humas polda kalteng

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Total Pengunjung Media

  • 1.763
  • 143.885
  • 589.098
  • 17.667.820